Cara Memilih Bibit Domba Yang Baik

Cara memilih bibit domba yang baik untuk budi daya domba. Meningkatnya satu jumlah penduduk maka bertambah pula  jumlah kebutuhan pangan. salah satu bahan pangan penting yaitu daging. Selama ini daging yang biasa di komsumsi masyarakat ialah daging sapi, daging kerbau dan ternyata belum mampu memenuhi seluruh kebutuhan masyarakat akan daging. Oleh karena itu perlu alternatif ditambah dengan daging domba.
cara memilih bibi domba yang baik untuk di budidayakan
cara memilih bibit domba yang baik

Dalam memilih bibit domba, tentunya diperlukan keahlian khusus atau pengetahuan untuk mendapatkan bibit domba yang baik atau unggulan, nah dibawah ini adalah cara cara memilih bibit domba yang baik atau unggulan sebagai berikut :

Pertama; keadaan bentuk luar atau morfologi domba. bentuk luar domba sebaiknya diamati dengan seksama agar kita dapat memperoleh bibit yang benar benar bagus atau unggul. caranya dengan dipegang dan diamati bagian bagian tertentu dari samping, depan, dan belakan. adapun ciri ciri domba yang baik adalah tubuh tampak besar dan pendek, tumit kuat, leher pendek dan tebal, ukuran tubuh besar dan dalam, perut rata, dada lebar dan kulit menutupi tubuh kelihatan bulat.

kedua; kesehatan domba. Kesehatan domba dapat dilihat dari aktivitas hidupnya sehari hari. domba yang sehat biasanya aktif bergerak, lincah, pandangan matanya tajam, tubuhnya normal, tidak cacat, umur antara 1,5 sampai 3 tahun, dan kotorannya tidak encer.

Ketiga; Keturunan. untuk memperoleh bibit domba yang unggul, kita juga perlu memperhatikan keturunannya agar anak domba yang kita peroleh sesuai dengan keinginan kita, yaitu domba yang cepat besar dan tahan penyakit.

Keempat; bangsa. domba yang dipakai bibit adalah domba yang berasal dari jalur murni atau bukan dari hasil pemblasteran atau perkawinan silang, agar sifat dari induknya tetap seperti yang kita inginkan. Untuk pembibitan biasanya para peternak domba memilih yang ekor gemuk atau sesuai kesukaan masyarakat di daerah tersebut. misalnya di Jawa Barat yang lebih suka domba priangan dari pada domba ekor gemuk.

Demikianlah cara cara memilih domba yang baik dan unggul untuk budi daya domba. Memang jika kita benar benar memilih bibit yang baik dan unggul sudah bisa dipastikan para konsumen akan tertarik untuk membeli domba domba kita dan tentunya akan mendatangkan keuntungan yang berlipat ganda. Akhirnya saya ucapkan selamat berternak domba semoga usaha anda berhasil, jika berhasil jangan lupa traktir saya ya.

1 comments:

Dapatkan Penghasilan Tambahan Dengan Bermain Poker Online di www,SmsQQ,com

Keunggulan dari smsqq adalah
*Permainan 100% Fair Player vs Player - Terbukti!!!
*Proses Depo dan WD hanya 1-3 Menit Jika Bank Tidak Gangguan
*Minimal Deposit Hanya Rp 10.000
*Bonus Setiap Hari Dibagikan
*Bonus Turn Over 0,3% + 0,2%
*Bonus referral 10% + 10%
*Dilayani Customer Service yang Ramah dan Sopan 24 Jam NONSTOP
*Berkerja sama dengan 4 bank lokal antara lain : ( BCA-MANDIRI-BNI-BRI )

Jenis Permainan yang Disediakan ada 8 jenis :
Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar 66

Untuk Info Lebih Lanjut Dapat menghubungi Kami Di :
BBM: 2AD05265
WA: +855968010699
Skype: smsqqcom@gmail.com

Reply

Post a Comment